5 Bahan Alami untuk Mengusir Nyamuk

Bahan Pengusir Nyamuk. Bahan Alami untuk Mengusir NyamukSaat musim penghujan, perkembangbiakan nyamuk semakin meningkat. Jika demikian, bahaya ancaman penyakit yang disebabkan oleh nyamuk pun semakin meningkat.

Untuk mencegah serangan gigitan nyamuk, selain dengan menggunakan metode 3 M, yaitu menutup, menguras dan menimbun, bisa juga dengan menggunakan lotion.

Namun sayang, penggunaan lotion anti nyamuk atau bahan kimia seperti DEET (diethyl-meta-toluamide) tidak selalu efektif mencegah gigitan nyamuk. Beberapa keluhan penggunaan lotion anti nyamuk seperti iritasi atau bau yang menyengat membuat banyak yang tidak menginginkan penggunaan bahan ini. Namun kini tak perlu khawatir, ada alternatif lain untuk menolak nyamuk yaitu dengan penggunaan bahan-bahan alami.

Berikut adalah beberapa pilihan bahan alami yang ampuh untuk mengusir nyamuk:

1. Bawang putih dan Lada Hitam
Selain sebagai bumbu penyedap, kedua bahan ini juga terbilang ampuh mengusir nyamuk. Dari bau yang dihasilkan membuat nyamuk tidak tahan.

2. Minyak Lavender
Lavender digunakan sebagai bahan efektif penolak nyamuk. Selain itu almond, minyak kelapa dan minyak kedelai organik juga bisa dipilih untuk membuat nyamuk tidak berani menggigit.

3. Minyak Asiri Sereh
Gunakan minyak asiri serai yang murni, minyak ini mudah ditemukan di toko makanan berbahan alami.

4. Minyak Esensial
Menurut penelitian di Iowa State University, minyak esensial lebih efektif 10 kali lipat dibanding penggunaan DEET untuk membuat nyamuk tidak berani mendekat.

5. Lotus
Lotus adalah bahan penolak nyamuk yang efektif dan juga membantu membunuh larva nyamuk, demikian menurut penelitian (Nelumbo nucifera) terbaru yang diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Tropical Medicine. Sejak teratai tumbuh dalam air itu adalah pilihan yang baik sebagai pengusir nyamuk alami di kolam halaman belakang.

Bahan-bahan alami memang menjadi pilihan terbaik dibandingkan penggunaan bahan kimia, selain mengusir nyamuk juga beberapa di antaranya bisa menjadi pelembab untuk kulit. Namun untuk menghindari efek samping terhadap kulit, sebaiknya lakukan tes kulit terhadap bahan-bahan di atas selama 24 jam untuk melihat respon dari kulit, karena tingkat sensitif pada kulit tiap orangnya berbeda.

Kalau bermanfaat, tolong dibantu ya...
 
You might also likeclose