Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan

Gambar Pohon Tanaman Buah Asam Jawa. Manfaat dan Khasiat Asam Jawa untuk KesehatanAsam jawa merupakan sebuah kultivar daerah tropis dan termasuk tumbuhan berbuah polong.

Ciri-ciri Tanaman Asam Jawa

Batang pohonnya yang cukup keras bisa tumbuh menjadi besar dan daunnya rindang, sehingga pohon asam jawa sering juga dijadikan sebagai tanaman pelindung. Daun asam jawa bertangkai panjang, sekitar 17 cm dan bersirip genap. Bunganya berwarna kuning kemerah-merahan dan buah polongnya berwarna coklat dengan rasa khas asam. Di dalam buah polong selain terdapat kulit yang membungkus daging buah, juga terdapat biji berjumlah 2 – 5 yang berbentuk pipih dengan warna coklat agak kehitaman.

Masyarakat Indonesia sudah sejak lama mengenal asam jawa sebagai salah satu bagian dari bumbu dapur. Daging buah biasa dipakai untuk mengasamkan makanan, dibuat sirup, manisan, agar-agar, minuman hangat yang menyegarkan atau membersihkan barang-barang logam yang warnanya berubah menjadi kehitaman. Inti kayu berat dibuat menjadi kayu halus dan dijadikan bahan pahatan. Bijinya bisa dibakar atau digoreng untuk dimakan. Buahnya termasuk dalam daftar obat tradisional yang sudah dilegalkan.

- Membantu sistem saraf bekerja dengan baik (Thiamin – 29%)
Jika Anda sering merasakan kesemutan atau mungkin otot terasa lemah, mungkin itu bisa jadi karena Anda kekurangan thiamin, vitamin B yang berperan besar pada fungsi tubuh termasuk aktifitas saraf dan otot.

- Menjaga tulang tetap kuat (Magnesium – 23%)
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi potasium dan magnesium yang tinggi memiliki kepadatan tulang yang lebih baik dari pada yang tidak.

- Membantu mencegah sembelit (Serat – 20%)
Asam juga berada di jajaran buah yang mengandung serat terbanyak. Seperti yang diketahui, serat sangat membantu untuk mengatasi sembelit.

- Membantu mengontrol tekanan darah (Potasium – 18%)
Setiap 100 gram asam mengandung potasium 2 kali lipat dari yang terdapat pada pisang. Potasium membantu mengontrol tekanan darah dengan mengontrol pengaruh sodium pada tubuh.

- Membantu mencegah anemia (Besi – 16%)
Karena mengandung besi yang cukup tinggi, maka mengkonsumsi asam bisa membantu Anda memerangi penyakit anemia.

- Membantu mengontrol level kolesterol (Niasin – 10%)
Selain thiamin, asam adalah sumber niasin yang baik. Niasin bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol yang baik di dalam tubuh Anda.

- Membantu memproduksi energi (Riboflavin – 9%)
Jika Anda sedang merasa sedikit lelah, Anda bisa mencoba untuk menikmati rasa manis dan asam dari buah asam untuk mengusir lelah. Kandungan riboflavin akan membantu melepaskan energi dari karbohidrat.

- Membantu proses pembekuan darah pada luka (Kalsium – 7%)
Asam adalah buah yang kaya kalsium. Kalsium (dengan bantuan vitamin K) punya peranan besar dalam proses pembekuan darah pada luka.

- Meningkatkan daya tahan tubuh (Protein – 6%)
Jarang buah atau sayur mengandung protein. Diantara semua buah dan sayur, asam adalah sumber protein yang paling tinggi. Protein bisa memroduksi antibodi yang membantu membasmi virus dan bakteri.

- Membantu kesehatan gigi dan gusi (Vitamin C – 6%)
Gigi yang tanggal atau gusi berdarah bisa merupakan tanda kekurangan vitamin C pada tubuh kita. Asam mengandung sejumlah vitamin C yang cukup.

Resep Obat Tradisional dengan Menggunakan Asam Jawa

Beberapa resep ramuan obat tradisional dengan memanfaat asam jawa di antaranya:

1. Obat Eksim dan Bisul
Tumbuk hingga halus 1 genggam daun asam jawa yang masih muda (sinom = jawa) dan 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari. Tempelkan pada bagian yang sakit.

2. Obat Sariawan
Rebus 2 polong buah asam jawa, 2 rimpang temulawak sebesar ibu jari dan 1 potong gula kelapa sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Diminum biasa.

3. Obat Bengkak karena disengat lipan atau lebah
Tumbuk halus 3 – 5 biji asam jawa. Bagian yang bengkak dibersihkan terlebih dahulu dengan kain yang dibasahi dengan minyak kayu putih, kemudian ditaburi/ditempeli dengan bubukan biji asam jawa tersebut.

4. Untuk Mencegah Rambut Rontok
Sebelum keramas dengan shampo, kepala dipijit-pijit terlebih dahulu dengan buah buah asem yang telah masak yang dicampur sedikit air. Kemudian rambut dicuci bersih.

Catatan: Dalam dunia pertanian, kultivar diartikan sebagai sekelompok tumbuhan yang telah dipilih/diseleksi untuk suatu atau beberapa ciri tertentu yang khas dan dapat dibedakan secara jelas dari kelompok lainnya, serta tetap mempertahankan ciri-ciri khas ini jika diperbanyak dengan cara tertentu, baik secara seksual maupun aseksual.(WikiPedia)

Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan | amoy | 4.5