Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Gambar Daun Tanaman Binahong - Manfaat Daun Binahong untuk KesehatanBinahong atau dalam nama latin disebut Anredera Cordifolia Steenis adalah tanaman yang tumbuh merambat yang sering dijadikan sebagai obat herbal alternatif untuk berbagai pengobatan tradisional.

Ada banyak kandungan yang terdapat di daun Binahong, di antaranya adalah antioksidan, asam arkobat, total fenol, dan protein yang cukup tinggi sehingga membuatnya sangat berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Ciri-ciri Daun Binahong

Tanaman Binahong ini hampir menyerupai tanaman daun sirih. Tiap daerah di Indonesia, tanaman Binahong mempunyai sebutan nama yang berbeda, di antaranya: gendol, gendolak, kandula, uci-uci, duyumu, gendele, genjerot, garang-garang, dan ada juga yang menyebutnya dengan nama lembayung.

Ciri-ciri tanaman Binahong adalah tumbuh menjalar, berumur panjang, panjang tanaman kurang lebih 5 meter dan saling membelit, bentuk silindris, batangnya berwarna merah, bagian dalam solid dengan permukaan halus, kadang membentuk semacam umbi yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan.

Manfaat dan Khasiat Daun Binahong

Hampir semua bagian dari tanaman Binahong bisa digunakan untuk terapi herbal, mulai dari umbi, daun, hingga batangnya. Namun yang paling banyak digunakan untuk pengobatan adalah daunnya.

Orang lebih banyak menggunakan daun Binahong untuk terapi herbal karena mudah digunakan dan dikonsumsi sebagai obat herbal. Ada yang tinggal dikeringkan kemudian di rebus lalu airnya diminum, dikunyah langsung hinggal halus, atau diblender tergantung dengan tujuan penggunaan dan penyakit yang diderita.

Adapun manfaat dan khasiat penggunaan daun Binahong sebagai terapi obat herbal adalah bisa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti muntah darah/mimisan, kencing manis, sesak nafas, luka bakar, melancarkan haid, jerawat, diabetes, patah tulang, darah rendah, radang ginjal, disentri, gatal-gatal, dll.

Kalau bermanfaat, tolong dibantu ya...
 
You might also likeclose