Manfaat Daun Kelor sebagai Obat Herbal

Gambar Daun Kelor. Manfaat Daun KelorKelor atau yang lebih dikenal dengan sebutan daun kelor ini mempunyai nama ilmiah Moringa oleifera yang merupakan sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Ciri-ciri daun kelor yaitu berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai. Tanaman daun kelor banyak digunakan sebagai pagar atau pembatas. Selain itu, daun kelor juga bisa dibuat menjadi sayur ataupun berbagai ramuan obat herbal.

Berikut ini adalah ramuan obat herbal untuk berbagai jenis penyakit:

1. Obat kurap (herpes) dan luka bernanah
Caranya: Tumbuk daun kelor dengan kapur, lalu balurkan hasil tumbukan tadi pada luka/kurap.

2. Obat sakit Mata
Caranya: Tiga gagang daun kelor. Daun kelor ditumbuk halus, diberi 1 gelas air dan diaduk sampai merata. Kemudian didiamkan sejenak sampai ampasnya mengendap. Air ramuan tersebut digunakan sebagai obat tetes mata.

3. Obat sakit Kuning
Caranya: 3-7 gagang daun kelor, 1 sendok makan madu dan 1 gelas air kelapa hijau. Daun kelor ditumbuk halus, diberi 1 gelas air kelapa dan disaring. Kemudian ditambah 1 sendok makan madu dan diaduk sampai merata. Diminum, dan dilakukan secara rutin sampai sembuh.

4. Obat reumatik, nyeri dan pegal linu
Caranya: 2-3 gagang daun kelor, 1/2 sendok makan kapur sirih. Kedua bahan tersebut ditumbuk halus. Dipakai untuk obat gosok (param).

5. Obat biduren atau alergi
Caranya: 1-3 gagang daun kelor, 1 siung bawang merah dan adas pulasari secukupnya. Semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring. Diminum 2 kali sehari 1 gelas, pagi dan sore.

6. Obat susah buang air besar
Caranya: Satu sendok sari daun kelor dan sari buah ketimun atau wortel yang telah diparut dalam jumlah yang sama. Bahan-bahan tersebut dicampur dan ditambah dengan 1 gelas air, kemudian disaring. Diminum setiap hari.

Manfaat Daun Kelor sebagai Obat Herbal | amoy | 4.5