Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Gambar Daun Pepaya - Manfaat Daun Pepaya untuk KesehatanBuah pepaya terkenal memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia, salah satunya adalah buah pepaya bisa untuk melancarkan buang air besar atau BAB. Namun ternyata tidak hanya buah pepaya saja yang bermanfaat, daun pepaya diketahui juga banyak mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

1. Melancarkan pencernaan
Daun pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Dimana zat tersebut dapat membantu untuk membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan. Anda bisa mengolah daun pepaya menjadi masakan sesuai selera dan kemudian dikonsumsi.

2. Sebagai obat jerawat
Masker dari daun pepaya bisa digunakan untuk mengatasi keluhan seperi jerawat pada wajah, hingga untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Caranya, sediakan 2-3 lembar daun pepaya tua, lalu jemur dan lumatkan dengan setengah sendok air hingga halus. Masker kemudian bisa ditempelkan pada bagian wajah yang berjerawat.

3. Menambah nafsu makan
Daun pepaya pahit rasanya. Namun di balik rasanya yang pahit, daun pepaya mempunyai manfaat untuk memperbaiki nafsu makan pada anak. Caranya, blender daun pepaya yang masih segar seukuran telapak tangan, dengan air hangat dan sedikit garam. Kemudian campuran tadi diperas dan disaring airnya untuk diminumkan. Niscaya nafsu makan anak Anda akan segera normal.

4. Melancarkan ASI
Selain daun katuk, daun pepaya juga diyakini mampu memperlancar ASI untuk ibu-ibu yang sedang menyusui bayinya. Ambil 3 lembar daun pepaya dan remas-remas, kemudian hangatkan diatas api. Setelah layu, oleskan pada bagian tersebut secara merata namun jangan sampai di daerah tengahnya.

5. Mengatasi nyeri haid
Daun pepaya juga bisa untuk mengatasi nyeri pada saat menstruasi. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengambil 1 lembar daun pepaya dan rebus dengan air, asam jawa, garam, dan madu murni. Saring air rebusan tersebut. Agar terasa lebih nikmat, minumlah dalam keadaan dingin.

6. Anti kanker
Ekstrak daun pepaya akan menghasilkan molekul yang disebut Th1 tipe sitokin yang membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini akan mendukung terapi yang memanfaatkan sistem imun untuk melawan kanker.

7. Mencegah dan mengobati demam berdarah
Daun pepaya mengandung zat senyawa alkaloid carpaine, papain, flavanoid, saponin, violaksantin, tanin, dan caricaksantin. Selain itu daun pepaya juga mengandung enzim-enzim seperti enzim papain, nikotin, miosmin, pseudokarpain, kontinin, dan karpain.

Zat-zat yang banyak tersebut dapat menghambat berkembangnya virus dalam tubuh manusia. Virus DBD dalam tubuh akan melemah dan bahkan terbunuh. Hal ini akan meningkatkan jumlah trombosit dalam darah, jika sudah demikian, perlahan tapi pasti Anda akan sembuh dari penyakit DBD.

Untuk mengobati demam berdarah bisa dengan cara mengonsumsi jus daun pepaya. Caranya ambil dua helai daun pepaya dan bersihkan. Tumbuk dan peras dengan saringan kain (hasilnya 1 sendok makan ekstrak per helai daun). Selanjutnya, air perasan tersebut diminum dengan 2 sendok makan 1 kali sehari.

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan | amoy | 4.5
Tinggalkan Komentar