Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan Tubuh

Gambar Ikan Lele - Manfaat Ikan LeleIkan lele termasuk salah satu jenis ikan yang cukup populer di Indonesia dan mudah didapatkan, baik di desa ataupun di kota. Ikan lele ada yang hidup secara liar dan ada juga yang dibudidayakan.

Ikan lele mempunyai ciri-ciri khas dengan tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang serta mimiliki sejenis kumis yang panjang, mencuat dari sekitar bagian mulutnya.

Sebagian jenis lele telah dibiakkan orang, namun kebanyakan spesiesnya ditangkap dari populasi liar di alam. Lele dumbo yang populer sebagai ikan ternak, sebetulnya adalah jenis asing yang didatangkan (diintroduksi) dari Afrika.

Ikan lele bersifat nokturnal, yaitu aktif bergerak mencari makanan pada malam hari. Pada siang hari, ikan lele berdiam diri dan berlindung di tempat-tempat gelap.

Manfaat Makan Ikan Lele untuk Kesehatan Tubuh

Ikan lele mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan jenis produk hewani lainnya, yaitu ikan lele kaya akan kandungan Leusin dan Lisin. Leusin (C6H13NO2) adalah asam amino esensial yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen. Sementara Leusin berguna untuk perombakan dan pembentukan protein otot.

Lisin merupakan salah satu dari 9 asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringnan. Asam amino ini sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang pada anak, membantu penyerapan kalsium dan menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh, dan memelihara masa tubuh anak agar tidak terlalu berlemak. Lisin juga dibutuhkan untuk menghasilkan antibody, hormone, enzim, dan pembentukan kolagen, disamping perbaikan jaringan. Selain itu, Lisin juga bermanfaat untuk melindungi anak dari cold sore dan virus herpes (Wikipedia).

Berdasarkan kajian ilmiah ikan lele memiliki kandungan protein yang cukup tinggi didalamnya yaitu sekitar 17%,tak hanya itu ikan ini juga memiliki berbagai macam asam lemak,esensial yang dapat mencukupi kabutuhan akan asam lemak harian kita sekitar 9%. Namun batasi konsumsi ikan ini,karena kandungan kolesterolnya juga lumayan tinggi. 1 hari 2 ekor sudah cukup memberikan banyak manfaat.

Selain itu, ikan lele juga dipercaya bisa untuk memperkuat otot-otot perut, mengobati kencing manis, impotensi, hepatitis, ambien dan eksim. Cara pemakaiannya pun sangat mudah, cukup dimasak/direbus kemudian dimakan atau di bakar hangus dan di tumbuk halus lalu di buat serbuk, di seduh dengan air panas lalu diminum.

Manfaat Lain Ikan Lele

Di Indonesia, ikan lele dikembangbiakkan untuk konsumsi dan juga untuk menjaga kualitas air yang tercemar. Seringkali lele ditaruh di tempat-tempat yang tercemar karena bisa menghilangkan kotoran-kotoran. Lele yang ditaruh di tempat-tempat yang kotor harus “diberok” terlebih dahulu sebelum siap untuk dikonsumsi. Maksud dari “diberok” yaitu ikan lele dipelihara pada air yang mengalir selama beberapa hari dengan maksud untuk membersihkannya.

Kadangkala lele juga ditaruh di sawah karena memakan hama-hama yang berada di sawah. Lele sering pula ditaruh di kolam-kolam atau tempat-tempat air tergenang lainnya untuk menanggulangi tumbuhnya jentik-jentik nyamuk.

Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan Tubuh | amoy | 4.5