Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

Kangkung merupakan salah satu jenis tanaman sayuran favorit masyarakat Indonesia. Kangkung bisa diolah menjadi berbagai olahan masakan yang lezat. Beberapa jenis masakan dari kangkung yang cukup populer di Indonesia misalnya tumis kangkung, plecing kangkung, dan juga kangkung goreng belacan.

Gambar Kangkung Darat dan Kangkung Air - Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan

Jenis dan Ciri-ciri Tanaman Kangkung

Berdasarkan habitatnya, tanaman kangkung ada dua jenis, yaitu kangkung darat (Ipomea reptans) dan kangkung air (Ipomea aquatica).

Kangkung darat hanya bisa tumbuh di lahan kering. Ciri-ciri kangkung darat yaitu batangnya lebih kecil dan berwarna putih kehijauan, daunnya lebih tipis dan lebih lunak, bila dimasak lebih cepat layu/matang, dan mempunyai bunga yang berwarna putih bersih. Saat memetik kangkung darat biasanya petani akan mencabut semuanya hingga akar.

Berbeda dengan kangkung darat, kangkung air bisa tumbuh di daerah basah seperti parit, kolam atau genangan sawah. Ciri-ciri kangkung air yaitu batangnya lebih besar, berwarna hijau lebih gelap, daunnya lebih lebar dan sedikit keras, lebih lama layu jika dimasak dan memiliki bunga yang berwarna putih kemerahan. Batang kangkung air ini bisa memanjang dan biasanya hanya diambil pucuknya yang masih muda saja untuk dimasak.

Halaman: 1 2

Kalau bermanfaat, tolong dibantu ya...
 

Pencarian populer:
manfaat sayur kangkung, ciri ciri kangkung, Ciri-ciri tumbuhan kangkung, ciri-ciri kangkung, ciri ciri tanaman kangkung, ciri-ciri tanaman kangkung, ciri ciri tumbuhan kangkung, ciri-ciri kangkung darat, manfaat kangkung darat, ciri kangkung, Ciri tanaman kangkung, makalah kangkung darat, ciri ciri sayur kangkung, makalah tanaman kangkung darat, manfaat kangkung untuk kesehatan, ciri-ciri sayur kangkung, gambar manfaat olahan sayur kangkung

You might also likeclose