Ragam Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya

Manfaat Buah dan SayurAda banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi buah dan sayuran. Untuk itulah kenapa kita disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayuran setiap harinya. Bahkan menurut ahli nutrisi dr. Samuel Oetoro, jika kita ingin terhindar dari berbagai penyakit seperti jantung, hipertensi, kanker dan penuaan, kita disarankan untuk mengonsumsi 10 jenis buah dan sayur yang berbeda setiap harinya. Kenapa harus 10? Karena setiap buah dan sayur dengan warna berbeda memiliki manfaat yang berbeda pula. Dan berikut ini adalah manfaat buah dan sayur berdasarkan warnanya.

Manfaat Buat yang Berwarna Oranye atau Kuning
Buah-buahan berwarna kuning banyak mengandung beta karoten. Berdasarkan penelitian kandungan beta karoten dalam sayur dan buah bisa meningkatkan sistem imun, penglihatan dan masalah lainnya yang umum dialami setelah usia bertambah. Contoh buah dan sayur berwarna oranye atau kuning misalnya labu, jeruk, mangga, wortel dan aprikot.

Manfaat Buat yang Berwarna Merah
Buah-buahan berwarna merag mengandung phytochemical (zat warna yang melekat di kulit buah) berupa likopen. Likopen tersebut selain memberikan warna merah pada buah juga efektif sebagai zat antioksidan. Dengan kandungan antioksidan tersebut bisa membuat tubuh mampu melawan penyakit jantung dan beberapa jenis kanker seperti prostat. Cotnoh buah yang berwarna merah adalah tomat, semangka, anggur dan pepaya.

Manfaat Buat yang Berwarna Hijau
Buah-buahan berwarna hijau mengandung phytochemical berupa lutein dan zeaxanthin. Kandungan lutein dan zeaxanthin tersebut selain memberikan warna hijau juga terbukti bisa menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, dapat menghambat dan menahan perkembangan sel kanker yang hidup, menghambat pertumbuhan sel kanker. Beberapa contoh buah dan sayur berwarna hijau di antaranya bayam, brokoli, sawi dan kale.

Manfaat Buat yang Berwarna Putih
Buah-buahan berwarna putih mengandung alicin. Alicin ini bisa membantu mengontrol kolesterol dan tekanan darah. Manfaat lainnya alicin juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Contoh dari buah dan sayur berwarna putih di antaranya bawang putih, bawang bombai, kembang kol dan pir.

Manfaat Buat yang Berwarna Biru atau Ungu
Buah-buahan berwarna biru mengandung pigmen antosianin dan flavonoin. Kedua pigmen itulah yang memberikan warna alami biru atau ungu pada buah dan sayuran. Kandungan pigmen itu juga mampu menjadikan antosianin dan flavonoin sebagai antioksidan. Sehingga buah berwarna biru bisa bermanfaat untuk mencegah penyakit akibat penyumbatan pembuluh darah, melindungi otak dari kerusakan, menghambat sel tumor dan meningkatkan kemampuan penglihatan. Contoh buah berwarna biru atau ungun adalah anggur, bit, terong dan blueberi.

Kalau bermanfaat, tolong dibantu ya...
 
You might also likeclose