Sejuta Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

Gambar Tanamanan Sayuran Brokoli - Manfaat Brokoli untuk KesehatanBrokoli mempunyai nama latin Brassica oleracea, merupakan tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae.

Brokoli ini bukan merupakan tanaman asli Indonesia, namun berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Tanaman brokoli masuk ke Indonesia baru sekitar tahun 1970-an, namun sayuran ini kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Ciri-ciri Brokoli
Bagian dari tanaman brokoli yang dimakan adalah kepala bunga yang berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun kalau brokoli berwarna hijau, sementara kembang kol berwarna putih.

Cara Terbaik untuk Memasak dan Mengonsumsi Brokoli
Sebagai bahan makanan, brokoli biasanya direbus atau dikukus, atau bisa juga dimakan mentah. Cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus. Tujuannya adalah agar segala vitamin dan nutrisi penting yang ada di dalam brokoli tidak hilang selama proses pemasakan. Merebus brokoli akan membuat sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya jadi hilang. Oleh karena itu, jika ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya jangan merebus brokoli terlalu lama, cukup dengan direbus sekitar 5 menit saja. Jangan lebih.

Para ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi brokoli sedikitnya dua kali dalam sepekan. Cukup dua kuntum brokoli, masak sebentar atau bisa juga dikonsumsi mentah sebagai bagian dari porsi sayuran.

Kandungan Gizi Brokoli
Brokoli telah lama diketahui sebagai salah satu sayuran yang menyehatkan karena kandungan gizi di dalamnya. Brokoli merupakan sayuran dengan kalori yang rendah, rendah lemak, dan bebas kandungan lemak jenuh, tinggi kalium dan rendah sodium dan tidak mengandung kolesterol. Brokoli mengandung energi, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang berguna bagi tubuh.

Menurut blog informasitips.com, nilai Gizi yang terkandung dalam 156 gram brokoli (semangkun brokoli rebus) yaitu Kalori 43.68 kal, Protein 4.66 g, Asam Lemak Omega-3 0.20 g, Karbohidrat 8.19 g, Lemak 0.55 g, Kalsium 74.72 mg, Potassium (Kalium) 505.44 mg, Fosfor 102.80 mg, Besi 1.37 mg, Zinc (Zn) 0.62 mg, Magnesium 39.00 mg, Vitamin A 228.07 RE, Vitamin B1 (Thiamin) 0.09 mg, Vitamin B (Riboflavin) 0.18 mg, Vitamin B6 (pyrodoxin) 0.22 mg, Vitamin B3 (Niasin) 0.94 mg, Vitamin B5 (Pantothenic acid) 0.79 mg, Vitamin B9 (Folat) 93.91 mcg, Vitamin C 123.40 mg, Vitamin E 0.75 mg, Vitamin K 155.20 mg, Serat 4.68 g, Mangan 0.34 mg, dan Triptofan 0.05 g.

Manfaat Sayuran Brokoli
Brokoli telah lama dikenal memiliki kandungan nutrisi yang paling ampuh dalam memerangi kanker. Itulah yang mengangkat statusnya sebagai si super-food. Brokoli mengandung antioksidan dan vitamin C.

Halaman: 1 2

Kalau bermanfaat, tolong dibantu ya...
 

Pencarian populer:
Manfaat sayur rebung, manfaat brokoli, manfaat brokoli hijau, Manfaat kangkung, manfaat brokoli untuk kesehatan, ciri-ciri brokoli, manfaat sayur brokoli, manfaat brokoli bagi kesehatan, manfaat brokoli putih, ciri ciri brokoli, manfaat brokoli rebus, kandungan gizi brokoli, khasiat brokoli hijau, brokoli rebus, Kandungan brokoli, kalori brokoli rebus, nama sayuran dan manfaatnya, brokoli adalah, ciri-ciri sayuran brokoli, manfaat sayur tauge

You might also likeclose